Tantangan Dakwah Moderat di Wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar)
Diterbitkan
2025-02-15
Issue
Section
Articles
Wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) di Indonesia menyimpan tantangan tersendiri dalam implementasi dakwah Islam moderat. Keterbatasan akses informasi, rendahnya literasi keagamaan, serta kuatnya pengaruh budaya lokal dan agama-agama minoritas menjadikan pendekatan dakwah konvensional kurang efektif. Artikel ini membahas berbagai hambatan dan potensi dalam menyebarluaskan nilai-nilai wasathiyyah di wilayah 3T, dengan pendekatan studi lapangan pada beberapa daerah perbatasan di Indonesia bagian timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah moderat memerlukan strategi adaptif yang mempertimbangkan aspek kearifan lokal, penguatan peran dai komunitas, dan kolaborasi dengan lembaga pendidikan serta tokoh lintas agama. Selain itu, pentingnya kehadiran negara melalui kebijakan afirmatif juga menjadi faktor penentu dalam mendukung gerakan dakwah inklusif dan berkelanjutan di daerah-daerah pinggiran. Artikel ini merekomendasikan perumusan model dakwah kontekstual berbasis komunitas sebagai jalan untuk memperkuat Islam rahmatan lil ‘alamin di wilayah 3T.
Jurnal Pendidikan Islami untuk Anak SD adalah jurnal ilmiah yang telah melalui proses peer-review dan diterbitkan oleh UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung . Jurnal ini resmi terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-065293.AH.01.30 Tahun 2023.
Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46 Plosokandang, Kedungwaru, Tulungagung, Jawa Timur 66221
Telepon: 0355 – 321513